Tuesday, June 14, 2005

Dari Santa Ursula ke Stanford


TK dan SD Santa Ursula adalah awal tempat saya menuntut ilmu secara
formal. Selanjutnya, saya menyelesaikan SLTP di SMP BPI I dan SLTA di
SMA 2. Semuanya di Bandung. Farmasi ITB (1969-74) adalah almamater
saya. Di Kampus Ganesha
inilah saya melewatkan masa mahasiswa yang manis. Lima tahun setelah
terdaftar, pada bulan Februari 1974, saya diwisuda di gedung
bersejarah, Aula Barat ITB. Pada bulan Oktober tahun yang sama, bersama
sekitar 15 orang rekan lainnya, saya mengucapkan sumpah apoteker di
hadapan
Rektor ITB yang waktu itu dijabat oleh Prof. Dr. Doddy Tisna-Amidjaya
(alm).


Selain pendidikan formal, saya mengikuti pendidikan nonformal.
Yang pertama adalah kursus singkat di bidang penyuntingan buku di
London, Inggris pada tahun 1982. Kursus ini berlangsung selama empat
bulan. Pengalaman manis selama berada di negeri Princess of Wales
ini menyebabkan saya memandang Inggris sebagai negara saya yang kedua.
Apalagi di sana ada keluarga Green -- Brian (penyelia saya), Ann, dan
si kembar Emma dan Daniel, yang usianya hanya setahun lebih muda dari
anak-anak kembar saya. Keluarga Green
telah saya anggap sebagai keluarga sendiri. Sampai sekarang saya telah
tiga kali mengunjungi London, dan tak akan pernah melewatkannya setiap
kali saya berkunjung ke Eropa.


Pendidikan nonformal yang kedua masih dalam bidang penerbitan,
yaitu Stanford Professional Publishing Course di Stanford University.
Saya mengikuti SPPC ini pada bulan Juli 1989. Berkat mengikuti kursus
ini, nama saya tercantum sebagai salah seorang alumni Stanford
University! Universitas swasta yang terkenal itu!






No comments:

Post a Comment